FAQ : Mainan Kardus

Leave a comment

November 4, 2016 by uchy

Semenjak Mama Caca berkreasi sama kardus dan bahan DIY mainan lainnya mama dapet banyak pertanyaan dari ibu-ibu cantik , untuk itu mama caca coba rangkum pertanyaannya yah :

  1. Ide

Ide bikin mainan dari kardus sebenernya datangnya dari mana aja, kadang karna permintaan anaknya, kadang karena liat barang barang yang ada dirumah, kadang dari adanya bahan yang bisa dipakai, kadang dari akun akun DIY, kadang dari bunda bunda di Medsos yang kreatifnya parah, kadang dari pinterst dan Internet, kadang dari toko toko online mainan…. tergantung saat itu dapet dari mana bisikannya πŸ˜›

2. Teknis Pembuatan

Teknis pembuatan kalau ala saya, karena sebenernya bukan expertnya kardus juga, kadang saat bikin mainan ada proses trial and errornya, makanya ini yang bikin saya ga bisa langsung buat tutorial, untuk prototype pasti ada proses bongkar pasangnya dulu., teknis pembuatan biasanya ketemu saat proses bikin mainan itu sendiri, gimana bikin bentuk A atau bentuk C , sehingga biasanya mainan pertama dibuat bisa lama banget jadinya, begitu buat yang kedua baru bisa lebih cepet.

3. Bahan.

Untuk jenis kardus yang saya pakai selalu yang bekas, untuk mainan yang kecil kecil itu saya pakai kardus dari bekas belanja bulanan, atau bekas susu, box sepatu dll. Kalau yang untuk rumah-rumahan atau kitchen set , itu saya pakai kardus bekas cargo sepertinya …..saya dapat dari salah satu temen IG yang punya supplier kardus bekas di daerah depok, tapi bentuk kardusnya memang tebal dan polos, cuma namanya bekas tetap ada bekas lipatan dan potongan juga.

4. Alat

Ga ada alat khusus yang saya pakai , biasanya yang wajib adalah sbb :

Alat perang mama caca

Alat perang mama caca

  • Cutter

Saya punya berbagai jenis dan merk, sebenernya karena pengen cari yang paling enak dipakai aja sih, jadi deh kayak koleksi cutter

  • Pisau Pemotong

Ada digambar paling tengah, ini pisau biasa dipake sama mereka yang suka bikin art, pertaman nyobain ini langsung jatuh cinta, apalagi buat bikin puzzle dengan detail yang kecil kecil, pakai pisau ini karena dia punya ujung yang lancip jadi gampang berkelak kelok, kelemahannya harganya lebih mahal memang dari cutter biasa. karena satu paket cuma dapat 3 mata pisau, mungkin bisa dibeli Refillnya di Gramedia Merknya MAPED

  • Gunting
  • Penggaris Besi
  • Alas Potong
  • Jangka
  • Tang Mata Ayam
  • Rider
  • Lem Fox
  • Lem Tembak

5.Niat

Penting , kalau ga ada point 5 ini, segala macam bahan yang dipunya juga ga akan jadi apa-apa… πŸ˜›

6. Berapa lama mainan kardus bisa bertahan.

Kalau yang ini sangat sangat tergantung si anaknya, antara caca sama abang aja cara mainnya beda, anak tetangga beda lagi.., tapi biasanya anak itu pinter bisa dikasih pengertian.., kalau ini mainaΒ  dari kardus mudah rusak mainannya harus hati-hati, untuk awal awal biasanya agak susah memang mainan dari toko aja kadanga 2 hari kelar gimana ini dari kardus, tapi lama lama dia akan paham kok..sekarang abang sama adek saling ngingetin klo mainan itu ga bisa dinaikin..mainan itu gini mainannya dan seterusnya.. dan Alhamdulillah mainan yang sdh saya buat masih awet sudah berbulan bulan lamanya.. πŸ™‚

Dan enaknya mainan kardus bisa dibetulin kapan aja…:D .

Selamat bebikinan semua…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IG @uchywidya

They ready to go by gosend
.
.
Sengaja ga dikasih detail.. Karena mau dibuat detail sendiri sama yang pesen.. 😊😊.
.
.
Semoga jadi reporter handal yahh πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
.
.
#reporter #kardus #kardusbekas #mainankardus #pretendplay #kamera #kamerakardus #mainankamera #jadireporter #kreasikardus #cardboard #mainananak #mainanmurah MAMAMA matching cards from @famihugs
.
.
Sebelum kartunya dateng, sempet bingung.. Nanti mainnya gimana..? Diapain? 😁
.
.
Begitu liat.. Ohh jadi inget main kartu remi jaman jadi anak kost dulu.. πŸ˜‚, tapi ini versinya anak anak.. .
.
Ini tadi baru 1 cara yg dimainin bareng adek sama abang.. semua kartu dibagi abis  ke semua.., terus abis itu kita gambreng.. Buat nentuin siapa yang main duluan,  abang buka kartunya duluan.. Peserta lain tinggal nyari pasangannya.. Yg kartunya paling banyak dpt pasangannya dia yg menang.. 😊.
.
.
Seru banget buat caca yg lagi sensitif sama alphabet dan lagi terobsesi sama bahasa inggris slide buat liat video yg caca lagi berusaha banget ngomong pake bahasa inggris 😁, Caca belum hapal semua huruf.. Baru beberapa huruf aja... Tapi happy banget begitu berhasil matchingin huruf... Padahal sih mungkin dia lihat background digambar kartu dan lihat binatangnya yang serupa. Jadi gampang buat caca nemuin pasangannya.. Tapi ini kartu MAMAMA @famihugs rekomen bu ibu buat seru seruan sama anak.  Apalagi anaknya yg hobby sama binatang.. Heboh pasti deh.. 😘😘
.
.
Yang mau main kartu samaan kayak kita tadi Cek IG nya @famihugs yah.  Lagi dicari reseller juga.. .
.#belajarsambilbermain #huruf #belajarhuruf #kartu #kartuanak #kartubelajar #matchingcard Celengan telpon 😊
.
.
.
Sitelpon ini lumayan space kosong didalemnya.. Jadi dilubangin sekalian buat celengan dan jadi hiasan meja 😊
.
.
Thats why i love cardboard bisa diapain aja.. 😁
.
.
#celengan #celengankardus #kardusbekas #kardus #piggybank #coin #koin #nabung #belajarnabung #telponjadul Cardboard birthday cake
.
.
Dihias oleh caca 😊, 100% kardus.. Dijamin ga bisa basi..πŸ˜‚
.
.
Selamat ulang tahun buat siapapun yang ulang tahun hari ini..😍😍.
.
.
#birthday #cake #birthdaycake #kueulangtahun #kuekardus #cardboardcake #cardboardtoy #cardboard #kardusbekas #mainananak #mainanmurah #mainanmasakan #masakan #kue #bikinkue #dummykue #pretendplay #cakedecorating So hot today..., sampe jam 4 sore aja masih panas banget.... Es teh dah habis bergelas gelas.. .
.
Tapi .... thanks god its friday... Have a nice weekend semuaaaa... Buat yang baru follow terima kasih yaaahhh... Siap ..... pasti dibuat tutorialnya.. Tapi dikit dikit yaaahh .. Maklum emak emak kalo dah nyampe rumah rada rempong.. Jadi bikin tutorialnya nyicil dikit dikit.. .πŸ˜„πŸ™πŸ™
.
#kardus #tgif #jumat #berkah #panas #sunnyday #mainankardus #kardusbekas #prakiraancuaca Kompor 2 tungku
.
.
Ga punya kardus besar buat bikin kitchen set?... Bikin kompor gini aja.. Ga perlu kardus gede gede jadinya... , bikinnya juga lebih cepet .. .
.
Yuk masak yuk.. 😊
.
.
.
#komporkardus #cardboard #cardboardtoy #mainankardus #kardus #kardusbekas #pretenplay #stove #dapur #alatdapur #masakan #mainmasakan #mainananak #mainanmurah #maindirumah #caca-cardboard #buatsendirimainanmu #diykompor #diystove Yummmy πŸ˜‚.
.
.
Dipotong pake pisau potong merek Maped
.
.
#cardboard #kardus #doublelayer #coklat #mainananak #mainankardus #kardusbekas #maped Papan luncur kelereng .
.
Diwarnain sama caca pake cat air. .
.
Cat air pake merk giotto.. So far suka sama cat air ini.. Ga boros 😊... Beberapa saat ga diairin kering.. Kalau pake cat air yg dipencet pencet...bisa abis dalam sekejap. 😣
.
.
#kelereng #papanluncur #kardus #kardusbekas #catair #cacabelajardirumah #belajardirumah #belajarsambilbermain #belajardirumah #cardboard #giotto BambinoLuk  Ala Ala.. πŸ˜‚πŸ˜‚.
.
.
Iyah ala ala karna dari kardus dan template ngeprint dari google 😁... Maap yaahhh... Ga dosa kan yah.. Toh ini ga untuk komersil cuma buat main sendiri.. .
.
Ini trial dulu main yang ala ala.. Mudah mudahan kebeli yang asli.. aamin amiin... .
.
Kardus pake yang agak tebal.. Bagian belakang dipotong pake cutter tapi ga sampe putus.. Jadi tetap bisa dilipat... Trus belakang pake mika.. ,tapi karna pertama bikin jadi bagian belakangnnya masih ga sinkron 😁... Kita bikin lagi nanti. .
.
.
Have a nice weekend.. .
.

#diybambinoluk #toy #eductiontoys #buatsensendirimainanmu #mainanmurah #kardus #kardusbekas #diytoys #mainanedukasi #mainananak #bambinoluk #belajarsambilbermain #mainsambilbelajar  #kardusbekas A for 🍎 .
.
Mainan tadi pagi sama caca,  kalau diajak belajar selalu jawabannya engga mau mah caca mau main aja.. .
.
Tapi kalo bahasanya diganti.. Ca main cat yuuk mau ga?  Kita ngecat huruf yuk.... Mau mau mau... Sini caca yg bawa semua mah πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜….
.
.
Caca belum sekolah tahun ini... Tahun depan aja yah dek.., thanks buat abang ikal yang kalo mamahnya kerja suka ngajarin doa doa ke adek, ajarin bahasa inggris ....suka nyeritain ... Love u both.. 😘😘
.
.
#kardus #kardusbekas #diy #diytoy #hurus #belajarhuruf #1hari1huruf #mainanedukasi #belajardirumah #mainsambilbelajar Abang masih libur 😁.. Lama ya liburnya.. Tanggal 19 baru masuk.. .
.
Naik kelas 2 ... Abang main main sama perkalian.. Siapa tau lebih cepet diingat 😊.
.
.
#belajarmatematika #matematika #mathisfun #mainsambilbelajar #maindirumah #alatperaga #diy #kardus #kardusbekas

Archives

November 2016
M T W T F S S
« Sep    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d bloggers like this: